Sabtu, 23 November 2013

Jangan Sepelekan Kotoran Mata



 (sumber : readersdigest)


Jangan Sepelekan Kotoran Mata

Mata Anda sering mengeluarkan kotoran?

Jangan anggap sepele karena hal itu bisa jadi merupakan sinyal bahwa ada yang tak beres dengan kesehatan mata Anda.

Mata memang mengeluarkan kotoran ketika organ penglihatan Anda itu sedang melakukan pembersihan. Normalnya, proses tersebut terjadi saat Anda tertidur di malam hari. Makanya, kotoran terlihat keluar dari mata di pagi hari.

Namun jika mata sering mengeluarkan kotoran, menurut Dr. Junaedi, Sp.M, dari Universitas Indonesia dalam situs tanyadokter.com, maka ada dua kemungkinan yang bisa terjadi.

Jika kotoran yang keluar tidak lengket dan tidak disertai mata merah, serta aktivitas Anda sehari-hari berada di luar ruangan atau dalam ruangan ber-AC, bisa jadi itu hanyalah pertanda iritasi. Langkah pertama untuk memastikan hal itu adalah dengan meneteskan obat mata. Jika setelah itu kondisi mulai membaik, berarti benar, mata Anda hanya iritasi. 

Bekerja di ruangan ber-AC memang cenderung membuat mata cepat kering. Gunakan obat tetes air mata buatan untuk menjaga mata Anda tetap lembap dan berair.

“Namun jika kotoran mata berwarna kuning atau hijau, lengket dan disertai dengan mata memerah, kemungkinan besar mata Anda mengalami peradangan akibat bakteri,” kata Dr. Junaedi. Jika hal itu Anda alami, lebih baik segera periksakan mata Anda ke dokter.

Untuk pencegahan, sebaiknya pastikan tangan atau jari-jari Anda bersih sebelum menyentuh bagian mata. Bakteri atau virus mudah menular lewat jari-jari tangan yang kotor

0 komentar:

Posting Komentar