Senin, 04 November 2013

manfaat dan kerugian facebook

MANFAAT & KERUGIAN FACEBOOK

FACEBOOK OH FACEBOOK siapa tak kenal facebook ? seeed kebangetan banget dah klo ga kenal ma istilah ini, mending ga usah hidup aja kali ya

Berbuhubung facebook sudah menjadi bagian dari aktifitas masyarakat indonesia, maka kali ini akan mencoba membahas manfaat dan kerugian facebook.

MANFAATNYA :

1.Tetap terhubung dgn teman dan kerabat.
Ini sudah pasti, karena sudah menjadi selogan dan tujuan di ciptakannya facebook, apalagi sebagian operator seluler di indonesia sudah memberikan akses facebook secara gratis, siapa yang tak mau coba ? Gretongan gtu loch..hee

2.HEMAT
Dengan facebook kalian dapat menyebarkan undangan acara, beriklan atau sekedar baca artikel menarik secara gratis.

3.Tambah relasi
Tak hanya untuk relasi bisnis atau teman baru malah banyak percintaan yang dimulai dari facebook, yang mungkin inilah tujuan terbesar dari sekian banyak pengguna facebook.

4.Kabar berita
Ketika ketika sign in, inilah yang menjadi sarapan pertama pengguna facebook, ada banyak kabar berita dari teman kita, ada yang curhat, ada yang promosi, ada yang lagi ceramah, ada yang sedih malah ada juga yang cuma iseng tulis update ga jelas, yang semuanya itu tak lain hanya ingin mendapatkan tanggapan.

5.Mesin pencetak uang
Ga usah dijelasin dah pada tau lah, karena di sisi tampilan facebook kita banyak banner iklan.

Ada kelebihan pasti ada kekurangannya, owww itu sudah pasti karena di dunia ini takan ada yang sempurna kecuali sang maha pencipta.

KERUGIAN :

1.Kurang bersosialisasi
Meskipun sejatinya facebook adalah alat jejaring sosial, namun pada kenyataannya dengan facebook banyak dari pengguna menjadi lebih autis, kurang bergaul atau sosialisasi dalam kehidupan nyata, mereka hanya lebih peduli pada lingkungan barunya "dunia maya dibanding lingkungan nyata, pernah ga liat teman slagi kita asik kumpul eh ada yang sibuk facebookan? Pengen najong kali y ke itu orang, hahaa

2. Merusak watak
Tujuan kamu update status apa? Setelah tulis update apa yang kalian tunggu? Like atau komentar teman kan? Ini jelas membuat watak kita menjadi sosok pamer walaupun isi tulisan itu sekedar do'a ataupun penyebaran ilmu, bukankah dari situ terasa ingin terlihat saya orang beriman atau pintar? selain itu juga membuat kita menjadi sosok yang egois ketika argumen kita mendapat tentangan dari teman, kita bukan berusaha berpikir bijak malah berusaha mencari jawaban agar argumen kita selalu benar, parahnya lagi jika sudah kerasa asik, bisa bisa kalo ga diselingi makan tidur idupnya cuma facebookan, males dah mau ngapa2in.

4.Rentan perselisihan
Tak hanya masalah dunia nyata yang di bawa ke facebook, tapi selagi asik ngobrol sama teman juga bisa ujungnya berantem karena di sini sangat bebas bicara dan loading adalah saat paling tepat untuk berpikir padahal sebenarnya kita telmi alias telat mikir, hehee ..selain itu juga makin banyak teman makin banyak updatan teman yang kita lihat yang kemungkinan ada yang sangat memancing emosi, hal ini sangat rentan untuk orang2 yang sok pintar atau mudah marah.

4.Menjadi penjahat
Penjahat bisa dimulai dari mana saja, malah dengan sekian banyak manfaat facebook itulah yang hal utama yang akan melahirkan penjahat dunia maya, ada yang menjadi hacker dan ada juga yang menjadi penjahat kelamin karena mudahnya berkenalan.

5.Merusak kesehatan
Mata fokus pada titik cahaya handphone/komputer, b
Membaca sambil tiduran, dll..bukankah itu merusak kesehatan ya ?ga percaya tanyain aja k dokter, tp byk dokter yg suka facebookan juga sih..hee

Dari sekian manfaat dan kerugian facebook di atas sebenarnya masih banyak yang belum tertulis, lanjutin aja sendiri , teman2 udah pada gede kan? Ya yang pasti kita perlu mengatur diri dalam berfacebook ria, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar