Senin, 18 November 2013

Melakukan Variasi Gaya Berenang

(sumber:gilasport)

Gaya renang merupakan cara berenang dengan gerakan lengan serta tungkai dan koordinasinya dari kedua gerakannya tersebut yang sangat memungkinkan orang untuk berenang ke arah depan atau maju di air. Walaupun demikian, orang juga masih bisa dapat berenang hanya menggerakkan dari kedua belah kaki dan sementara lengan tidak bergerak atau diam dan bisa juga hanya dengan menggunakan kedua tangan sementara bagian kaki tetap diam.
Cara berenang yang seperti demikian biasanya dilakukan oleh penyandang tuna daksa. Selain itu masih banyak variasi atau macam-macam gaya berenang yang bisa Anda praktekkan dan coba, seperti gaya dada, gaya punggung, gaya bebas dan gaya kupu-kupu yang kesemuanya merupakan gaya berenang yang biasanya dipertandingkan.
berenang-2

Gaya Kupu-Kupu Menjadi Yang Tersulit

Gaya dada adalah jenis gaya yang paling terkenal dan paling banyak dilakukan untuk renang rekreasi, karena gaya ini merupakan gaya yang paling mudah dipahami dan di praktekkan. Posisi dari tubuh stabil serta kepala berada di luar permukaan air dengan waktu yang cukup lama. Renang gaya dada ini menggunakan andalan bagian dada jika melihatnya dari segi kecepatannya. Gaya ini juga bisa disebut dengan gaya katak dikarenakan cenderung kecepatannya lebih lambat dibandingkan gaya-gaya yang lainnya seperti gaya punggung atau gaya bebas.
Lalu ada gaya punggung, yang biasanya masih banyak yang sulit untuk mempraktekkannya. Pada gaya ini posisi badan saat berenang menghadap ke atas permukaan air dan biasanya posisi wajah diharuskan berada di atas dari permukaan air agar mudah saat mengatur nafas. Gerakan tangannya pada gaya punggung hampir sama dengan gaya bebas, hanya saja posisi tubuh kita yang terlentang dan menggunakan mulut atau hidung untuk bernafas karena memang posisinya yang di atas permukaan air. Berenang dengan menggunakan gaya punggung seperti ini kita tidak bisa melihat ke arah depan, tetapi hanya bisa untuk melihat ke atas saja. Biasanya pada perlombaan renang, para perenang untuk mengetahui ujung dari kolam renangnya menggunakan hitungan yang didapat dari gerakan renangnya tersebut.
Ketiga adalah gaya kupu-kupu, dimana berenang dengan menggunakan teknik posisi dada yang menghadap ke permukaa air. Kedua tangan kanan dan kiri ditekan ke arah bawah dengan bersamaan dan gerakan ke bagian uar juga sesaat akan diayunkan ke arah depan. Renang dengan menggunakan gaya kupu-kupu ini memang cukup menguras banyak waktu untuk Anda mampu dan bisa menguasainya, dimulai dengan dengan teknik gerakan pada tangan dan juga kaki yang nantinya akan dikombinasikan untuk menjadi perpaduan. Biasanya bagi para pemula yang belajar gaya berenang, gaya kupu-kupu dianggap sebagai gaya yang paling sulit untuk dipelajari. Terakhir adalah gaya bebas yang menjadi favorit sebagian orang yang bisa berenang, karena bebas dalam menentukan gerakan berenangnya

0 komentar:

Posting Komentar